Membuat Daftar Isi dengan Table of Contents

Cara 1 : Menggunakan Table of Contents

1. Buat dokumen baru di Ms Word 2007

2. Tulis judul DAFTAR ISI di halaman pertama

Picture1 3. Pilih menu References Table Of Contents  Insert Table of Contents… Hingga muncul kalimat No table of contents entries found.

4. Di halaman kedua, tuliskan daftar bab. Sebagai contoh buatlah daftar bab seperti dibawah ini:
Kata Pengantar
BAB 1 Pendahuluan
1.1   Latar Belakang
1.2   Tujuan
1.3   Manfaat
BAB 2 Isi
2.1.    Pengertian
2.2.    Penjelasan
2.2.1 Penjelasan Pertama
2.2.2 Penjelasan Kedua
2.3.    Proses
BAB 3 Penutup
3.1.    Kesimpulan
3.2.    Saran
Daftar Pustaka

5.  Blok kalimat Kata Pengantar lalu pilih menu References →Add Text  → Pilih Level 1. Blok kalimat BAB 1 Pendahuluan lalu sama seperti sebelumnya pilih Level 1. Lakukan hal yang sama terhadap kalimat BAB 2 Isi, BAB 3 Penutup, dan Daftar Pustaka.
Blok kalimat 1.1 Latar Belakang dan kalimat lain yang selevel lalu pilih Level 2.
Blok kalimat 2.2.1 Penjelasan Pertama  dan kalimat lain yang selevel lalu pilih Level 3.

6. Klik kanan pada kalimat “No table of contents entries found” lalu pilih Update Field. Maka daftar isi akan terupdate otomatis.
Picture27. Jika terjadi perubahan pada halaman, baik itu judul, maupun penambahan sub-bab, cukup klik kanan pada daftar isi, pilih Update Field → Update Entire Table  OK
Pilih Update Page Numbers Only jika hanya terjadi perubahan terkait nomor halaman.
Picture3Hasil daftar isi:
Picture4
Untuk pembuatan daftar isi cara kedua akan dipost di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *